CDC | Itenas



PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) sekali lagi menunjukkan komitmennya untuk mendukung kemajuan pendidikan Indonesia dengan kembali menyelenggarakan “Telkom Smart Campus Award (TESCA) 2014”. TeSCA adalah program yang ditujukan untuk membantu perguruan tinggi dalam melakukan pengukuran pemanfaatan Information & Communication Technology (ICT) melalui metode “ZEN” yang dikembangkan oleh Prof. Ir. Nizam, MSc., Ph.D (Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit (Ketua Umum Aptikom) dan Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D (Wakil Ketua Detiknas).

Dalam kurun waktu lima tahun, perkembangan jumlah partisipasi perguruan tinggi dalam program TeSCA mengalami peningkatan pesat. Pada tahun 2008, kegiatan ini hanya diikuti oleh 75 kampus. Pada tahun 2014, sebanyak 568 perguruan tinggi turut berpartisipasi dalam event TeSCA. Peningkatan yang signifikan ini dikarenakan TeSCA merupakan satu-satunya award yang diperuntukkan bagi perguruan tinggi, yang berperan sebagai alat kalibrasi dalam mengukur implementasi TIK dalam aktivitas pendidikan. Selain itu, TeSCA juga menggunakan metode penilaian ZEN yang terbukti secara ilmiah dengan indikator penelitian yang dapat membantu perguruan tinggi untuk mempersiapkan perencanaan implementasi ICT jangka panjang.

Pada tahun 2014 ini Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) kembali meraih pengharagaan Telkom Smart Campus Award (TeSCA 2014), kategori yang diperoleh adalah Excellence TeSCA Achiever (Institut).

Sumber: GATRAnews – 17 Juni 2014 (http://www.gatra.com/advetorial/55420-telkom-umumkan-pemenang-telkom-smart-campus-award-tesca-2014.html)

 

Categories: News